Selasa, 03 November 2015

Apakah Setiap Orang Perlu Ilmu Selamat?

Arti Pentingnya Ilmu
Dalam dunia Filsafat, Ilmu itu adalah pengetahuan, kepandaian, keahlian. Terbagi dalam 2 jenis, yaitu: pengetahuan rasional dan pengetahuan irasional. Dalam segala hal positive, memiliki Ilmu itu bahkan menjadi sangat penting. Melakukan suatu pekerjaan tanpa dasar ilmu yg tepat dapat berakibat buruk.

gambar ilmu selamat
Seperti contohnya, seseorang yang tidak memiliki pengetahuan menjadi sopir bis akan dapat membahayakan tidak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi para penumpang bis jika orang itu yang menjadi sopirnya.

Begitu pentingnya ilmu pengetahuan, bahkan Nabi telah melarang kita untuk menyerahkan suatu urusan kepada orang yang bukan ahlinya (orang yang tidak memiliki keahlian tentang urusan tersebut). Seperti contoh menyerahkan jabatan kepemimpinan politik kepada orang/mereka yang sama sekali tidak mengerti tentang dunia politik.

Dalam kajian moral dan fiqh, ilmu yang baik dapat memperhalus dan menyempurnakan prilaku cara bertindak, bagaimana seharusnya sikap kita terhadap diri sendiri, keluarga, lingkungan sosial dan alam semesta, hingga terhadap Allah subhanahu wa-ta`ala.

Apa itu Ilmu Selamat?
Adalah pengetahuan/keahlian yang dapat memberikan keselamatan kepada seseorang. Misalnya, selain mengerti tentang cara menyupir mobil, tapi juga memahami dengan baik tentang seluk belum mesin kendaraan mobil dan onderdir terkait (kondisi ban, ketahanan spartpart, dll) dapat membantu memberikan keselamatan kepada seseorang saat mengendarai mobil khususnya ketika membawa mobil ke luar kota.

Contoh lainnya, memahami sistem kerja alam semesta (sunnatullah) seperti sistem cuaca: di bulan apa kemungkinan badai besar bisa terjadi? akan dapat membantu memberikan keselamatan kepada nahkoda kapal ketika melaut, membantu pilot pesawat ketika menerbangkan pesawatnya, dll.

Contoh lainnya, memahami tentang kewajiban dan larangan di dalam agama, dapat memberikan keselamatan bagi seseorang tidak hanya ketika hidup di dunia, tapi juga di akherat kelak.

Sudah Punya Ilmu Tapi Kok Tidak Selamat
Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak selamat, di antaranya yg paling sering menjadi penyebab adalah: KELALAIAN (Lalai, Tidak Fokus) dan KESOMBONGAN.

Sudah tahu, jika ban mobil sudah sangat tipis, rem sudah setahun tidak diperiksa, kemudian mobil itu masih tetap dipakai bahkan dengan kecepatan tinggi dan kemudian mengalami kecelakaan seperti ban meletus, rem ngeblong masuk jurang, dll maka tidak usah menyalahkan tuhan, sebab anda terlalu sombong atau lalai dengan mengabaikan pemeriksaan dan perbaikan kendaraan anda. (BACA: Ilmu Selamat, Utamakan Keselamatan Anda). Sudah tau mengantuk, tapi memaksakan diri mengendarai motor ngebut dan...jrenggggg boarrrd -> lalai alias tidak fokus.

Ada juga seseorang yg setelah peristiwa kecelakaan tersebut terjadi, menyatakan bersyukur atas keselamatannya karena hanya mobilnya saja yang hancur. Namun kata mekanik di bengkel mobil: makanya periksa tuh mobil, sehingga yang selamat bukan hanya loe doang, tapi mobil loe juga ikutan selamat....

Penyebab Lainnya Sehingga Tidak Selamat
Sudah menjadi kehendak Allah, di antaranya: mungkin Allah sedang menguji anda (Insya Allah dapat pahala dan naik derajat jika lulus)? atau mungkin Allah sedang mengazab Anda (Jika tidak bertobat, bisa menyebabkan penderitaan yg lebih parah lagi, Siksa Neraka)? Kemungkinan lainnya dan hanya Allah yang tahu tentang irodah-Nya.

Selanjutnya: Temukan 3 Rahasia Ilmu Selamat.
Buat Tautan ke Postingan ini: Apakah Setiap Orang Perlu Ilmu Selamat?

Animasi Button Majlis Link: Majlis Link

Share Ke Sosmed Anda:

0 komentar: