Rabu, 23 September 2015

Idul Adha Hari Raya Haji Peristiwa Kurban

Majlisasmanabawi menyampaikan Selamat Idul Adha 2015 (Bahasa Indonesia: Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) bagi umat Islam di mana saja.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah setiap tahunnya. Untuk tahun ini, secara resmi Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh pada Hari Kamis tanggal 24 September 2015, penanggalan yang sama ditetapkan oleh Kerajaan Arab Saudi Dalam sidang isbat majlis ulama mereka: Wukuf 23 September, Idul Adha 24 September. Namun di Indonesia, ada yg melaksanakan Idul Adha pada Hari Rabu tanggal 23 September di antaranya, saudara muslim dari Muhammmadiyah.

Hikmah Peristiwa Kurban (Idul Adha)
penyembelihan sapi kurban di idul adha
Idul Adha populer juga dikenal sebagai hari raya kurban, sebab di hari raya ini ada Hikmah dan Pembelajaran Sejarah tentang kualitas iman 2 Nabi Allah dalam peristiwa kurban, yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim (Abraham) atas perintah Allah supaya mengorbankan  putranya, Nabi Ismail (melalui proses penyembelihan).

Sejarah menceritakan kepada kita (diberitakan melalui al-Quran), baik Nabi Ibrahim maupun Nabi Ismail, dengan keimanan menjalankan perintah Allah tersebut secara sungguh-sungguh tanpa keraguan sedikitpun. Ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih putranya, Ismail, kemudian Allah mengganti Ismail dengan domba.

Sholat Ied
Pada hari raya ini, umat Islam di seluruh dunia berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di Masjid. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan-hewan kurban (sapi, domba, kambing yang diserahkan oleh kaum muslimin yang mampu) dan selanjutnya daging hewan kurban akan diberikan kepada mereka yang fakir dan miskin.

Apakah Anda sudah pernah berkurban?
Sisihkanlah sebagian uang anda untuk membeli hewan kurban (kambing atau sapi) dan serahkan dengan ikhlas ke panitia pelaksanaan hari raya kurban di daerah anda untuk diproses. Semoga Allah memberikan kepada anda pahala kebaikan di dunia dan akherat. Amin.
Lokasi: Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

0 komentar: