Minggu, 15 Maret 2015

Sejarah Ilmu Tenaga Dalam

Ilmu Tenaga Dalam
Secara definisi, penyebutan istilah Tenaga Dalam diartikan sebagai kekuatan luar biasa dari dalam tubuh seseorang. Karakter kekuatan tenaga dalam diklasifikasikan sebagai bagian dari energi atau kekuatan suprantural atau kekuatan yang bersifat irasional (pengetahuan yang sulit dikaji sesuai standar rasionalitas ilmu).

tenaga dalam Indonesia
Kekuatan Tenaga Dalam bisa muncul berdasarkan latihan tertentu, namun pada orang-orang tertentu, diperoleh tanpa latihan (ada sejak dari lahir dan berkembang setelah dewasa, selain itu ada juga orang yg memperoleh dari panduan ilahi)

Dalam dunia metafisika paranormal, Ilmu Tenaga Dalam telah dipelajari dan dikenal di beberapa negara internasional sejak masa lalu dengan sebutan yang beragam, namun memiliki makna yang sama.

Tenaga Dalam di Timur Tengah
Mesir
Menurut sejarah, disebutkan pada buku Papyrus Yedimesish Ontologia (sudah disalin dalam bahasa Gri Kuno) menceritakan, pada 4000 SM, orang-rang Mesir Kuno yang berlatih beladiri Krachtologi (dari kata logos yg berarti belajar dan krachtos yang berarti tenaga) dapat mengeluarkan tenaga aneh yang mampu merobohkan orang yg sedang marah hanya dengan menggerakkan otot bahu

Krachtologi kemudian berkembang hingga ke negara Babylon, Yunani, Romawi dan Persia. Di Persia kekuatan tenaga dalam saat itu disebut dengan Dacht. Seperti diceritakan dalam Dahtayana bahwa suku Bukht dan Persia, terkenal ahli ilmu perang Dahtuz yang dapat merobohkan musuh dari jarak jauh. Pada masa itu, kaum bangsawan Persia dilatih sejenis senam waktu dinihari untuk melatih kekuatan tenaga Dah.

Jazirah Arab
Disebutkan dalam kitab suci bahwa para nabi memiliki kekuatan tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Kekuatan luar biasa yang ada pada Nabi disebut Mu`jizat yang diperoleh bukan berdasarkan latihan tertentu, melainkan anugrah dari Allah untuk memperkuat nabi dalam menyelesaikan misi kenabian atau kerasulannya. Standar kekuatan Mu`jizat Nabi tidak dapat dipelajari oleh siapa saja, hanya khusus untuk nabi.

Gin Kang dan Wie Kang Cina
Di Cina, ilmu tenaga dalam diajarkan oleh para guru tenaga dalam bersamaan dengan ketika murid mempelajari ilmu beladiri kunfu, beberapa di antaranya, sebutan tenaga dalam yg terkenal hingga saat ini seperti Jurus Tinju Gin Kang dan jurus sepuluh terbuka Wie Kang, serta gerak jurus Tai Chi (kekuatan alam semesta). Di masa lalu dinasti kerajaan Cina, ilmu tenaga dalam dipopulerkan oleh beberapa perguruan bela diri seperti shaulin pai, kun lun Pai, aliran Wudang Butong Pai, dan lainnya

Tenaga Dalam Asia
Di Beberapa negara melayu Asia seperti Malaysia, Indonesia, Brunai Darussalam, Singapore, Campa Vietnam, Filipina, dll Ilmu Tenaga Dalam diajarkan di beberapa aliran perguruan beladiri pencak silat tertentu. Belum ada penelitian yang pasti, namun beberapa orang menyebutkan bahwa beberapa aliran pencak silat tertentu di asia merupakan perkembangan dari kunfu china, sehingga istilah Tenaga Dalam pun muncul dan diajarkan dalam aliran beladiri versi pencak silat tersebut.

Tenaga Dalam Indonesia
Memiliki puluhan bahkan ratusan sebutan atau versi seperti Tenaga Batin (gabungan jurus2 dan mantra), Asma Ilahi (gabungan jurus tenaga dalam dan zikir), Prana Shakti, Tapak Suci, Budi Suci, Santria Nusantra (SN), Sin Lam Ba, MaHatMa, Ilmu Hikmah, Kalimah Sahada, Merpati Putih, Shaktifat, Kundalini, dan banyak lainnya.

Ilmu Tenaga Indonesia untuk daerah Sumatera bisa dipelajari melalui aliran perguruan pencak silat Melayu, Kuntau, Kemenyan, Sinding, dll. Di Sulawesi melaui aliran silat Mandar. Di Jawa Timur melaui aliran silat Timpung, dan di Jawa Barat, melalui silat Nampon. Namun Masih banyak aliran silat lainnya yg juga mengajarkan ilmu tenaga dalam. Selain melalui perguruan silat, TD, bisa juga diperoleh melalui guru guru batin personal, guru-guru tarikat, dsb.

Pada masa modern, belajar ilmu tenaga dalam tidak hanya untuk tujuan pertahanan diri atau merobohkan musuh, tapi dikembangkan untuk tujuan lainnya seperti kesehatan atau penyembuhan penyakit, sebagai olah raga jurus pernafasan, ketenangan batin, dan banyak lainnya.

Baca: Gemblengan Ilmu Tenaga Dalam