Senin, 16 Maret 2015

Ilmu Bisnis Cara Meningkatkan Usaha

kunci sukses ilmu bisnis
Tidak semua orang memiliki keterampilan dalam menjalankan usaha atau bisnis hingga sukses (ilmu bisnis). Tidak sedikit orang, baik dengan modal besar atau ala kadarnya, harus menerima kenyataan dengan kebangkrutan di dalam usahanya. Jika anda memutuskan ingin menjalankan suatu bisnis, maka beberapa tips bisnis sukses berikut ini mungkin akan berguna bagi anda.

Sebelum anda menjalankan bisnis yang anda sukai, maka cobalah jawab 4 pertanyaan penting kunci sukses berikut ini:

1. Apakah anda memiliki pengetahuan yang baik tentang bisnis tersebut?
Jika anda memberikan jawaban pada pertanyaan di atas dengan kata TIDAK, maka sebaiknya, pelajarilah lebih dahulu berbagai trik keahlian bisnis tersebut dari mereka yang sudah professional dan berpengalaman atau ahli di bidang tersebut. Menyepelekan hal ini dapat berakibat fatal dalam bisnis, berupa kerugian dan kebangkrutan, terkecuali anda memiliki aura keberuntungan luar biasa atau mendapatkan dukungan faktor x positif yang tak terduga.

2. Apakah Bisnis yang ingin anda jalankan termasuk hal yang dilarang oleh negara, sosial, agama, dan lainnya?
Jika jawaban yang anda berikan adalah IYA, maka urungkanlah niat anda, dan cobalah cari bisnis lainnya yang tidak memberikan jawaban IYA pada pertanyaan di atas. Jika anda memiliki modal uang berlebih, namun bingung ingin menjalankan bisnis apa, maka cobalah berkonsultasi dengan pakar bisnis atau curhatlah pada teman-teman anda yang pernah menjalankan bisnis legal tertentu. Dari situ, mungkin anda akan mendapatkan ide dan semangat harus menjalankan bisnis apa.

3. Apakah Ada Pihak Lain di area yang sama, yang juga menjalankan bisnis tersebut?
Jika jawaban anda IYA, maka anda perlu perlu meneliti apakah total target konsumen di area anda berlebih dibandingkan pihak/orang yg memberikan jasa/bisnis yang diperlukan.

Rumus Jualan Sederhana:
  • Jika Jumlah konsumen yg mencari produk A lebih banyak dari pada jumlah produk A yang ditawarkan di pasar, maka produk A tentu akan habis. Resiko: Persaingan bisnis akan lebih santai bahkan bisa bersahabat atau saling bekerjasama antara sesama pengusaha Produk A.
  • Jika Jumlah Konsumen yg mencari produk B lebih sedikit dari jumlah produk B yang ditawarkan di pasar, maka produk B akan tersisa. Resikonya: persaingan bisnis antara sesama pengusaha produk B akan lebih ketat bahkan mungkin luar biasa sangat sadis (cannibalisme antar perusahaan).
4. Sudah siapkah anda jika harus mengalami kebangkrutan?
Jika anda menjawab TIDAK, maka perbaikilah  niat, semangat dan keyakinan anda. Jangan  lupa untuk memperhatikan ke-2 pertanyaan sebelumnya. Selain itu, ada baiknya, jika anda memiliki tabungan uang atau investasi lainnya yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu bisnis yang sedang anda jalankan mengalami kerugian dahsyat.

Setelah anda menyelesaikan dengan baik soalan penting di atas, maka selanjutnya anda harus mampu menjawab beberapa pertanyaan bisnis lain yang mungkin akan muncul, baik sebelum ataupun ketika anda sedang menjalankan bisnis.

Penerapan Tawakkal dalam Ilmu Bisnis
Langkah berikutnya adalah, bertawakkal kepada Allah. Seperti pepatah mengatakan, sepandai-pandainya seekor tupai melompat dari sebatang pohon ke pohon lainnya, adakalanya tupai itu meleset dan terjatuh yang mengakibatkan cidera tubuh hingga fatal atau dimakan oleh hewan pemangsa tupai.

Artinya, sepandai-pandainya menjalankan bisnis, mengalami pasang surut dalam rezeki itu bisa saja terjadi. Banyak faktor x negatif yang tidak terduga dan tidak diketahui yang bisa saja membuat kerugian luar biasa. Karena itu, bertawakkal kepada Allah adalah ikhtiar wajib bagi kebaikan bisnis anda. Tanyakanlah kepada ustadz terdekat dari lokasi anda, bagaimana cara bertawakkal kepada Allah.

Salam Sukses
Kunci Sukses Bisnis
Baca: Bimbingan Meditasi Bisnis
Buat Tautan ke Postingan ini: Ilmu Bisnis Cara Meningkatkan Usaha

Animasi Button Majlis Link: Majlis Link

Share Ke Sosmed Anda: